Dalam pandangan mistik kebatinan sebelum ada sesuatu (Adam kadim ajali abadi), yang ada adalah pangeran, yang memilki dzat, sifat, asma dan af'al. 

Keberadaan gaib ini selalu tertutup oleh kelir (batas), karena itu manusia berusaha menemukan melalui batin melalui ketenangan batin, manusia akan mengetahui pagar gaib itu, yang dalam Serat Makna Jati meliputi :

1. KAYU, yaitu pohon hidup yang disebut “kayu daim”, artinya hidup abadi. Manusia berusaha mencari pangeran untuk kembali ke situ dalam keadaan bersih.

2. NUR, yaitu cahaya yg terdiri dari 5 macam : nur riyat (cahaya yang membuat salah arah) berwarna hitam, nur rani berwarna merah yaitu cahaya nafsu, nur madi (cahaya kenikmatan) berwarna kuning, nur buwat berwarna hijau sebagai kesentosaan, nur muhammad berwarna putih sebagai cahaya yang terpuji.

3. SIR, yaitu rasa yg meliputi 6 hal, yaitu : sir ibtani yaitu rasa purba yang menjadi cahaya asmara nala, sir kabari yaitu rasa wisesa yang menjadi cahaya asmara purba, sir mala yaitu rasa sempurna yang menjadi cahaya asmara turida, sir baji yaitu rasa mulia sebagai cahaya asmaradana, sir kreki sebagai rasa sejati yang menjadi cahaya asmara tantra, dan sir wadha yaitu rasa menyatu, yang menjadi cahaya asmaragama atau disebut sir gaibi.

4. ROH, yaitu sukma yang terdiri dari 7 macam :  ”roh jasmani“ yang menggerakkan anggota badan, ”roh rabadi“ yang menghidupkan bulu dan kuku, ”roh napsani“  yang menghidupkan nafsu, ”roh rohani“  yang menghidupkan sukma, ”roh nuani“ yang menghidupkan dzat, dan ”roh ilapi“ yang menghidupkan atma atau ”roh kudus”.

5. NAFSU, yang terdiri dari aluamah, amarah, supiah, dan mutmainah keempat nafsu ini akan selalu berimbang, sehingga pelaku mistik kebatinan berusaha menahnnya.

6. AKAL, artinya budiatau sering disebut cipta dan terbagi 2 macam, yaitu :

a. LOCITA yaitu keinginan batin yang disebut linggamaya, representasinya berupa nafas, grahita (tanggapan) dan hesthi (keinginan) .

b. PANCAMAYA, artinya berupa usik (bisikan batin) yang masih ada dalam rasa.

7. JASAD, yaitu tubuh manusi yang terdiri dari jasad turat dan jasad latit, jasad turat adalah badan wadag (jasmani) dan jasad latif adalah badan halus yang disebut jirim (rohani).