Abuya Kh Muhyiddin Abdul Qodir wrote :

الحمد لله الذي هدانا للايمان والإسلام ، واشهد ان لا إله إلا الله وان سيدنا محمدا رسول الله شهادة تنجينا من جميع البلايا والآلام والآثام، اللهم صل صلاة كاملة ابدية وسلم سلاما تاما سرمديا على سيدنا محمد واله وصحبه الكرام، اما بعد:

Segala Puji Haq Allaah Dzat Tuhan Yang Telah Memberi Hidayah ya'ni Cahaya IlmuNya Yang Ia Hidayahkan kepada hati Para hambaNya yang terpilih untuk mendapatkan Keselamatan dan Kebahagiaan juga Kemuliaan yang Haqiqi dan Abadi di SorgaNya , maka pandangan hatinya di beri kemampuhan oleh Allaah Rabbnya untuk bisa menyaksikan Keberadaan Allaah Yang Haq Sang Pencipta juga Pengatur, Pengurus dirinya juga Pencipta , Pengatur dan Pengurus alam semesta, begitupula hatinya di beri kemampuhan oleh Allah untuk menyaksikan Kebesaran Allaah RabbNya Yang Maha Sempurna dan Maha Suci dari segenap sifat kekurangan , begitupula pendengaran hatinya Diberi kemampuhan untuk mendengar dan memahami WahyuNya, dan ia Diberi kemampuhan untuk merasakan Haqiqat apa-apa Yang Allaah dan RosulNya Janjikan padanya bahwa Itu Semua adalah Perkara Yang Haq ya'ni Yang Benar dan Pasti nyata.

Dialah Allaah Tuhan Yang Maha Haq ya'ni Yang Maha Benar dan Pasti bukan tuhan yang palsu..

Semua FirmanNya juga Haq..

Semua JanjiNya juga Haq , bukan berita rayuan palsu .

Semua AncamanNya juga Haq bukan hanya menakut-nakuti dengan kebohongan.

Semua Hukum-HukumNya Yang Ia Turunkan untuk keselamatan dan kebahagiaan juga kemuliaan makhluqnya baik di dunianya maupun di Akhiratnya juga Haq..

Semua BeritaNya tentang kejadian yang telah lalu juga kejadian yang akan datang juga tentang hal-hal yang ghoib itu juga Haq bukan dongeng karangan belaka atau omong kosong..

Keberadaan Alam Qubur juga Singgahnya Manusia disana , dan ditanyanya oleh Dua Malaikat Munkar dan Nakir juga Haq ..

Keni'matan Alam Qubur bagi hamba yang menjalankan Amanah dan Tanggungjawabnya di waktu hidupnya di dunianya itu juga Haq pasti nyata sampai Hari Qiyamat.

Dan SiksaanNya bagi orang yang tidak menjalankan Amanah dan Tanggungjawabnya itu juga Haq sampai Hari Qiyamat ..

Di bangkitkannya segenap makhluq baik Manusia, Jin , Syetan, Hewan bahkan Malaikatpun di Hari Qiyamat itu juga Haq,

di Kumpulkannya seluruh makhluq di Padang Mahsyar yang tak ada naungan beribu- ribu tahun disana kelapran, kehausan , di telanjang, di panasi oleh tujuh matahari yang amat dekat sekali diatas kepalanya dan saling injak hingga diatas kaki ada seribu kaki , dan di rendam dengan keringat ada yang sampai tenggelam di lautan keringat itu juga Haq..

dan di Hisabnya Manusia dan Bangsa Jin ya'ni di auditnya dan di interogasinya segenap Amanah dan Tanggungjawabnya Yang Allaah Bebankan kepada mereka yang harus mereka jalankan dalam hidupnya yaitu Amanah dan Tanggungjawab Pengabdian dan Keta'atan kepada Allaah Tuhannya baik Amanah dan Tanggungjawab pribadinya kepada Allaah dalam Hubungan antara dirinya dengan Tuhannya maupun Pengabdian dan Keta'atan kepada Allaah dalam berhubungan antara dirinya dengan sesama makhluqNya seperti halnya hubungan diantara keluarganya , istri dengan suaminya, orang tua dengan anak dan keturunannya , sodara dengan sodaranya, majikan dengan pembantunya atau karyawannya , tetangga dengan tetangganya, sahabat dengan sahabatnya, pemerintah dengan ra'yatnya , Muslim dengan sesama sodaranya Muslim di seluruh penjuru dunia, bahkan Muslim dengan orang- orang yang belum beriman dan belum Islam, bahkan antara Manusia dengan hewan sekalipun, itu semua Haq yang pasti terjadi di Hari Hisaban nanti,..

Begitu pula di timbangnya seluruh amal manusia imma yang berat Timbangan Amal Kebaikannya yang menandakan ia akan menjadi Ahli Keselamatan waimma yang berat timbangan amal kejelekannya yang menandakan ia akan menjadi ahli celaka di Neraka di Hari Itu maka itu juga perkara yang Haq pasti terjadi..

di taburkannya buku catatan amal masing-masing kepada pemiliknya masing-masing imma yang jatuh di tangan kanannya yang menandakan ia ahli keselamatan waimma yang jatuh di tangan kirinya atau di punggungnya yang menandakan ia ahli celaka di Neraka di Hari itu.

نعوذ بالله من ذلك
itu juga perkara yang Haq pasti terjadi..

Dan melintasinya seluruh manusia dan bangsa jin di atas Shirat yaitu jembatan yang lebih kecil daripada sehelai rambut dan lebih tajam daripada silet yang jarak tempuhnya dalam sebagian Riwayat Hadits Nabi Saw 3000 tahun dimana nanjaknya 1000 tahun, turunnya 1000 tahun dan datarnyapun 1000 tahun pula itu juga Haq pasti terjadi..

Adapun hamba yang di dunianya menjalankan Amanah dan Tanggungjawabnya dengan benar maka ia di teguhkan kakinya oleh Allaah diatas jembatan itu dan di pendekkan waktu jarak tempuhnya oleh Allaah di Saat itu maka itupun perkara yang Haq pula pasti terjadi.

Begitu pula Keberadaan Sorga dan Masuknya juga menetapnya Muminiin dengan kekal di Sorga yang lulus menjalankan Amanah dan Tanggungjawabnya waktu di dunia itupun perkara yang Haq..

Dan Pertemuannya Ahli Sorga dengan Allaah Rabbnya juga melihatnya kepada Dzat Allaah yang merupakan puncaknya keni'matan Sorgawi itu juga Haq pasti terbukti..

dan saat itu kebanyakan manusia dan bangsa jin tergelincir kakinya hingga jatuh ke dalam Api Neraka

نعوذ بالله من ذلك
Apalagi iblis dan segenap keturunannya bangsa syetan dan golongan manusia dan bangsa jin yang kafir yang mengikuti ajakannya maka mereka langsung dilempar ke Api Neraka yang paling dahsyat dan paling bawah oleh Para Malaikat yang amat murka yang Gagah perkasa dan amat Galak juga amat Menakutkan

نعوذ بالله من ذلك..
Maka ketahuilah wahai ahbaabii.!

Bahwa hidup kita di dunia yang singkat ini hanyalah Amanah dan Tanggungjawab semata yang harus kita jalankan dengan Haq pula ,tidak boleh diabaikan juga tidak boleh main-main dan tidak boleh ada kepalsuan dalam menjalankannya , karena ingatlah!!! uang palsu atau dokumen yang palsu tentu akan ditolak...

Ingat pula wahai Ahbaabii..!

Kita diciptakan bukan untuk makan minum atau tidur , juga bukan untuk mengenal dan mengelola dunia yang fana ini, juga bukan untuk menumpuk-numpuk harta atau memperluas tanah haq milik, dan bukan pula untuk berpoya-poya atau jajal-jalan kesana kemari atau main-main itu dan ini namun kita diciptakan untuk menjalankan Amanah dan tugas Tanggungjawab yang Allaah Bebankan kepada kita sebagai hambaNya ..

maka tujuan kita hanyalah Allaah,

tujuan hidup hanyalah Allaah,.

Tujuan Matipun hanyalah Allaah..

tujuan bisnis hanya Allaah,

tujuan Berpolitik hanyalah Allaah..

Tujuan jadi pemimpin Negara hanyalah Allaah..

Tujuan mengelola dunia hanyalah Allaah,

Tujuan berumah tangga hanyalah Allaah,

Tujuan apapun yang kita lakukan hatta makan minum , tidur , ngobrol , nonton itu dan ini dll hanyalah Allaah...

Sebagai hamba Allaah tidak boleh ada tujuan kecuali kepada Allaah Allaah Allaah

Jangan sia-siakan waktu hidup kita yang sangat singkat ini hanya untuk sesuatu yang tak berharga bahkan akan menjadi masalah besar juga malapetaka yang amat nista bagi kita esok Hari ..!!!

Jangan abaikan Amanah Allaah dan Tanggungjawab kita yang harus kita jalankan dalam hidup ini..!!!

Besabarlah !!! Dan yaqinlah bahwa Janji Allaah itu Pasti Pasti Pasti..!!!

Dunia dan seisinya akan kita tinggalkan sebentar lagi..

Alam Qubur sudah di kelopak mata..

Janji Allaah sangatlah dekat.!!!

Mintalah Hidayah dan Pertolongan kepada Allaah!!!

Berjuanglah dan korbankanlah segenap harta dan seluruh kemampuhan yang Allaah Anugrahkan kepada kita demi keselamatan kita juga keluarga kita yang kita cintai dan semua hamba Allaah yang kita sayangi...!!!

Jangan jerumuskan diri kita ke jurang Api Neraka.!!!

Jangan jerumuskan pula keluarga dan anak keturunan kita ke jurang Api Neraka..!!!

Dan jangan jerumuskan pula orang lain di muka bumi ini ke jurang Api Neraka..!!!

Penuhi dada kita dengan Ilmu Allaah, jangan biarkan hati kita gelap gulita dengan kebohohan..!!!
Ma'murkan dengan amal Sholeh, jangan biarkan diri kita gersang..!!!
Dandani dengan Akhlaq dan Sifat-Sifat yang mulia, jangan biarkan diri kita tercela terhinakan sampai akhirnya binasa..!!!

Didikkan dan Sampaikan juga Da'wahkan lagi Haq itu kepada keluarga dan orang-orang terdekat kita..!
lalu kepada yang terdekat.! lalu kepada yang terdekat.! lalu kepada semua hamba Allaah dimanapun berada..!!!

Ingat Amanah..!!!
Ingat Tugas dan Tanggungjawab kita..!!!
Jangan berleha-leha..!!!
Hiduplah di Jalan Allaah..!!!
Matilah di Jalan Allaah..!!!

Berjuanglah di Jalan Allaah!!!
Dan berkorbanlah di JalanNya agar kita mendapatkan Ridlo dan Kasih SayangNya..!!!

Jangan tertipu oleh dunia dan jabatan juga oleh wanita/suami dan keluarga hingga kita lupa kepada Amanah dan Tugas Tanggungjawab kita..!!!

Jangan ujub dengan banyaknya Amal Sholeh yang kita lakukan..!!! Barangkalih Kesolehan Amal kita itu palsu?
Solat kita palsu?
Shaum kita palsu?
Zakat dan Sidaqoh kita palsu?
Haji kita palsu?
Dzikir Istigfar kita dan Bacaan Quran kita palsu?

Dan kita tidak tahu apakah Allaah Akan Menerima Amal kita ataukah tidak?

Andai Allaah Menerimanya maka fikirkan kembali barangkali Amal Soleh kita sudah di pindahkan oleh Allaah kepada buku Amal Sholeh orang lain dan amal kejelekan orang lain sudah di pindah ke buku kejelekan kita? Karena kita sering berbuat dzolim kepada orang lain?
mengghibah si A dan Memfitnah si B?. Membohongi si A dan mengingkari si B?..menipu si A dan mencuri haq si B?..
Menyakiti si A dan mencaci si B?..menggoshob haq si A dan merampas haq si B?.
Memperolok-olok si A dan sombong ke si B? .
menakut-nakuti si A dan memukul si B? apalagi sampai membunuh orang lain.?

Jika kita tak pernah melakukan itu semua maka fikirkan lagi barangkali kita pernah menghancurkan Amal tersebut dengan riya tanpa kita sadari ? Atau dengan sifat-sifat buruk lainnya yang bisa menghancurkan Amal Sholeh kita walau di kemudian hari ?

Sebentar lagi mati.
Sebentar lagi mati.
Sebentar lagi mati.

انا لله وانا اليه راجعون.