Dzikir HU ALLAH duduknya di :
1. Kudrat
2. Iradat
3. Ilmu
4. Hayat
5. Sama
6. Basyar
7. Kalam

Aku yang didalam, Aku juga yang diluar.
Dzikir HU-HU duduknya di :
1. Akal
2. Pikir
3. Ilmu
4. Lawamah
5. Hayat
6. Sama
7. Basyar 

Yang diluar dan yang didalam sama.
Dzikir A-I-U duduknya di ALIF.
Tujuannya hanya satu kata yaitu "HAK-HAK" yang Meliputi Alam semesta.

Pemahaman hakikat adalah bertemu dengan sifat tuhan yang tujuh yaitu :
1. QUDRAT
2. IRADAT
3. ILMU
4. HAYAT
5. SAMA
6. BASHAR
7. KALAM
yang disandarkan kepada kita tetapi kita tidak mempunyai apa apa atau KOSONG (La haula wala quwata).
Pemakaian ilmu hakikat menurut Arifbillah sebagai berikut :
1. HU, itu aku...
2. ALLAH, itu adalah namaku...
3. NAIK TURUNNYA NAFAS, adalah dzatku...
4. YANG INGAT, KUASA, BERILMU ITU AKU.
Sedangkan kamu (kita) itu pelupa, hina, bodoh, karna kamu (kita) LA HAULAWALAQUWATA tidak punya daya apa-apa.
5. AHMAD, itu adalah orangnya yang berlaku memerintah kepada si muhaddas maka berlakulah syahadat ADAM yang dikatakan Arifbillah yaitu:
- LAILAHA ILALLAH AHMAD KALAMMULLAH
- LAILAHA ILALLAH MUHAMMAD RASULULLAH

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAH :  itiqadkan berkedudukan dibatin, sesuai dengan firman Allah :
WAFI AMMFUSIKUM AFALAA TUBSYIRUN. 
didalam dirimu jua aku berada, mengapa kamu tidak mengetahuinya.

WA ASYHADU ANNA MUHAMMADARRASULLULLAH
: itiqadkan berkedudukan dijasad, dengan itiqad dan pengertian ini pula jelas dan nyatalah bahwa tubuh atau jasad yang dinamakan muhammad, zahir itu tadi adalah pesuruh dari yang batin DAHUI RABBI FI BATINIL ABDI zahir tuhan itu pada badan hambanya.

Salam Santun...