Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh ALLOH. Namun banyak diantara kita manusia yang tidak pernah mau mengerti dan mau mencari tahu untuk apa manusia diciptakan. Sehingga banyak kesesatan dan kerusakan yang di akibat kan oleh manusia itu sendiri.

Berbagai agama telah menjelaskan tentang sifat watak manusia dalam tugasnya di muka bumi ini. Dalam kitabulloh al Qur'an ALLOH menjelaskan tentang diciptakannya manusia dan ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang hal tersebut, diantaranya :

 وماخلقت الجن والإنس إلا ليعبدون
 
Yang berarti.... tidak lah aku ciptakan golongan jin dan manusia kecuali untuk berbakti dlm ibadah kepada Ku

Dalam ayat tersebut jelas tentang tugas manusia setelah diciptakan dan setelah mempelajari tentang tugas dalam hal ibadah.

Dan dengan pengetahuan agama manusia akan mampu dan mengerti tentang tugas dalam hal ibadah.
Oleh karena itu diantara manusia ada yang ALLOH perintah kan dan menjadi Utusan untuk memberikan penjelasan mengenai aturan dan tatacara ibadah. Melalui Sang Rosul tsb ALLOH memberikan pelajaran pada manusia tentang aturan ibadah dan kehidupan yang di sebut dgn Agama.

Agama tidak hanya mengatur dalam hal ibadah semata namun Agama mengatur segala aspek kehidupan manusia baik jasmani maupun rohani.

Pengertian tentang tugas utama manusia lewat Sang Rosul diperjelas oleh ALLOH dalam salah satu Firman Nya :

وقدكان في رسول الله أسوة حسنة
 
Dan benar-benar didalam diri Rosululloh terdapat suritauladan yang baik Manusia dituntut oleh ALLOH agar bisa menjadi seorang hamba yang baik hendaknya mengikuti ajaran Rosululloh.

Adapun cara yang harus ditempuh adalah dengan belajar pada seseorang yang kita yakini keilmuan nya dlm agama dan yang teguh memegang prinsip keagamaan yang kuat.

Dalam hal ibadah banyak sekali pertentangan dan pendapat tentang suatu hal antara halal haram maupun yang lain. yang menimbulkan perbedaan.

Perbedaan itu wajar dikarenakan keterbatasan manusia dalam mempelajari agama itu sendiri dan banyak nya penafsiran yang kurang bermasyarakat.

Dari masalah tersebut tumbuhlah berbagai pendapat yang akhirnya bermunculan berbagai golongan dan aliran dalam keagamaan.

Itulah perbedaan yang penuh rahmat.
Manusia diciptakan untuk mengabdi dan berbakti
Bukan untuk memusuhi dan merusak.
Itulah hakikat kehidupan manusia yang diciptakan dan tentu nya harus ikut aturan Sang Maha Pencipta dlm menjalani kehidupan.