Dalam dunia islam dan umat islam selalu bergembar gembor tentang hadist, namun banyak dari kita umat islam tidak bisa menyingkap maksud dari sabda Rosululloh tersebut kenyataannya banyak diantara umat saling bentrok dan saling menyalahkan.

Disini saya akan menulis beberapa hadits tntg ilmu dan penafsiran yang berkaitan dengan hadist tersebut.

قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم ؛ العلماء ورثة الأنبياء
Para ilmuwan adalah ahli waris para Nabi
Kalimat dlm hadits tsb jelas bersifat jamak, namun banyak para Kyai dan ustadz yang memaknai hanya tentang ilmu keagamaan.

Ilmu itu luas dan terperinci... dalam hal keagamaan pun terperinci dari ilmu fiqh, ilmu nahwu, ilmu kalam,  ilmu qiroah, ilmu tajwid, tashowwuf dsb dan para Nabi pun juga mempunyai beberapa keahlian.

Tugas seorang Nabi adalah menyampaikan risalah ketauhidan. Namun para Nabi mempunyai beberapa keahlian dan dikategorikan sebagai ilmu seperti halnya Nabi Dawud sebagai ahli tata ruang kota. Nabi Yusuf ahli perekonomian dll.

Yang menjadi kan masalah dari penafsiran pendek para Kyai dan ustadz menjadikan kelemahan anggapan umat itu sendiri dan melupakan para ilmuwan islam pada zaman dinasti abasyiyah yang Telah dikembangkan oleh pihak barat.

Sekarang umat islam belajar tntg ilmu kedokteran harus merujuk pada buku-buku pihak barat,  ilmu kimia, Logika, Matematika dll semua merujuk pada barat. Padahal ilmuwan pertama yang menemukan hal tersebut adalah umat islam. Diantaranya ilmu kedokteran dan teori operasi bedah dengan kitab Assyifa oleh imam ibnu sina yang oleh orang barat di kenal sebagai Avisina. Syeh Fakhruddin arrozy yang di barat di sebut dengan Razas. Dan masih banyak lagi yang lain.

Alangkah lebih baik dan utama jika umat islam mengejar ketertinggalan dan menelaah mempelajari kajian-kajian ilmiah dari para ilmuwan islam terdahulu. Dan hentikan perselisihan adu argumen tentang fiqh dan 'ubudiyah.

Stop membahas bid'ah ataupun khurofat. Pelajari berbagai disiplin ilmu agama logika matematika fisika metafisika sosial politik dan budaya.

Kembalikan kejayaan ilmuwan islam

وقد قال سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم ؛ العلماء سراج أمتي

Para ilmuwan menjadi penerang umatku

Jangan sampai para Kyai dan ustadz serta habib dan tokoh lain malah memperkeruh suasana dan membuat umat bingung dalam kegelapan.

Jadilah penerang umat dalam situasi zaman yang penuh dengan ketidakpastian dan kebimbangan.

هدنا الله وإياكم أجمعين على سبيل الحق