Bismillaahirrahmaanirrahim
Inilah suatu pasal pada menyatakan pintu guru yang tersembunyi yang
tiada diajarkan kepada orang-orang yang belum belajar tentang Ilmu
Tauhid atau Sifat 20 (dua puluh), sebab buku ini berisi perihal
orang-orang mengenal diri atau tata cara mengenal Allah pencipta Alam
dan segala isinya supaya sempurna segala amal ibadahnya.
- Adapun di dalam tulang kepala itu Otak
- Di dalam Otak itu Ma’al Hayat atau Air Hidup
- Di dalam Ma’al Hayat itu Akal
- Di dalam Akal itu Budi
- Di dalam Budi itu Roh
- Di dalam Roh itu Mani
- Di dalam Mani itu Rasa
- Di dalam Rasa itu Nikmat
- Di dalam Nikmat itu Nurullah
- Di dalam Nur Muhammad.
Firman Allah “AWWALU TAJLI ZATTULLAH TA’ALA BISIFATIHI
Artinya : Mula-mula timbul Zat Allah Ta’ala kepada Sifatnya.
Artinya : Mula-mula timbul Zat Allah Ta’ala kepada Sifatnya.
AWWALU TAJLI SIFATULLAH TA’ALA BIASMA IHI
Artinya : Mula-mula timbul Sifat Allah Ta’ala kepada namanya.
Artinya : Mula-mula timbul Sifat Allah Ta’ala kepada namanya.
AWWALU TAJLI ASMADULLAHI TA’ALA BIAP ALIHI
Artinya : Mula-mula timbul nama Allah ta’ala kepada perbuatannya.
Artinya : Mula-mula timbul nama Allah ta’ala kepada perbuatannya.
AWWALU TAJLI AF ALULLAHI TA’ALA BIINSAN KAMILUM BIASMAI.
Artinya : Mula-mula timbul perbuatan Allah Ta’ala kepada Insan yang Kamil yakni Muhammad RasulNya.
Artinya : Mula-mula timbul perbuatan Allah Ta’ala kepada Insan yang Kamil yakni Muhammad RasulNya.
QOLAH NABIYI SAW : “AWALUMAA KHALAKALLAHU TA’ALA NURI”
Artinya : Berkata Nabi SAW, yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Cahayaku, baharu Cahaya sekalian Alam.
Artinya : Berkata Nabi SAW, yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Cahayaku, baharu Cahaya sekalian Alam.
QALAN NABIYI SAW : “AWWALU MAA KHALAKALLAHUTA’ALA RUHI”
Artinya : Yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Rohku, baharu roh sekalian alam.
Artinya : Yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Rohku, baharu roh sekalian alam.
QOLAN NABIYI SAW : “AWWALU MAA KHALAKALAHU TA’ALA QOBLI”
Artinya : Yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Hatiku, bahru hati sekalian alam.
Artinya : Yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Hatiku, bahru hati sekalian alam.
QOLAN NABIYI SAW : “AWWALU MAA KHALAKALLAHUTA’ALA AKLI”
Artinya : Yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Akalku, baharu akal sekalian alam.
Artinya : Yang mula-mula dijadikan Allah Ta’ala Akalku, baharu akal sekalian alam.
QOLAN NABIYI SAW : “ANA MINNURILAHI WA ANA MINNURIL ALAM”
Artinya : Aku cahaya Allah dan Aku juga menerangi Alam.
Artinya : Aku cahaya Allah dan Aku juga menerangi Alam.
HADIST : “AWALUDDIN MA’RIFATULLAH”
Artinya : Awal-awal agama adalah mengenal Allah.
Artinya : Awal-awal agama adalah mengenal Allah.
Sebelum mengenal Allah terlebih dahulu kita disuruh mengenal diri, seperti Hadist :
“MAN’ARA PANAP SAHU PADAD’ARA PARABBAHU”
Artinya : Barang siapa mengenal dirinya, mengenal ia akan Tuhannya.
Artinya : Barang siapa mengenal dirinya, mengenal ia akan Tuhannya.
“MAN ‘ARA PANAPSAHU PAKD’RA PARABBAHU LAYA RIPU NAPSAHU”
Artinya : Barang siapa mengenal Tuhannya, niscaya tiada dikenalnya lagi dirinya.
Artinya : Barang siapa mengenal Tuhannya, niscaya tiada dikenalnya lagi dirinya.
“MAN ‘ARA PANAPSAHU BILFANA PAKAD’ARA PARABBAHU BIL BAQA”
Artinya : Maka barang siapa mengenal dirinya binasa, niscaya dikenalnya Tuhannya kekal.
Artinya : Maka barang siapa mengenal dirinya binasa, niscaya dikenalnya Tuhannya kekal.
“KHALAK TUKA YA MUHAMMAD WAKHALAK TUKA ASY YA ILA ZALIK”
Artinya : Aku jadikan Engkau karena Aku dan Aku jadikan Alam dengan segala isinya karena Engkau Ya Muhammad.
Artinya : Aku jadikan Engkau karena Aku dan Aku jadikan Alam dengan segala isinya karena Engkau Ya Muhammad.
Firman Allah : “AL INSAN SIRRU WA ANA SIRRUHU”
Artinya : Insan itu RahasiakKu dan Aku Rahasia Insan.
Artinya : Insan itu RahasiakKu dan Aku Rahasia Insan.
“WA AMBATNAL ABRU RABBUN AU ZAHIRU RABBUN ABBUN”
Artinya : Adapun bathin hamba itu Tuhan dan Zahir dan Tuhan itu hamba.
Artinya : Adapun bathin hamba itu Tuhan dan Zahir dan Tuhan itu hamba.
“LAHIN HUWA WALAHIN GHAIRUH”
Artinya : Tiada ia tetap dan tiada ia lain dari ia.
Artinya : Tiada ia tetap dan tiada ia lain dari ia.
Firman Allah Ta’ala didalam Al-quran : “FAHUWA MA’AKUM AINAMA KUNTUM”
Artinya : Di mana saja Engkau berada (pergi) Aku serta kamu.
Artinya : Di mana saja Engkau berada (pergi) Aku serta kamu.
“HUWAL AWWALU WAL AKHIRU WALBATHINU WAZZAHIRU”
Artinya : Ia jua Tuhan yang awal tiada permulaannya, dan Ia jua Tuhan yang akhir tiada kesesudahannya, Ia jua bathin dan Ia jua Zahir.
Artinya : Ia jua Tuhan yang awal tiada permulaannya, dan Ia jua Tuhan yang akhir tiada kesesudahannya, Ia jua bathin dan Ia jua Zahir.
Dalam pandangan Ma’rifat kita kepada Zat Allah Ta’ala itu, “LAISA
KAMIS LIHI SYAIUN” tiada seumpamanya bagi sesuatu, dan bukan bertempat.
Adapun Ma’rifat kita atau pengenalan kita akan diri diperikan AF
‘ALULLAH, adapun Ma’rifat kita akan AF ‘ALULLAH, LAHAU LAWALA KUWWATA
ILLAH BILLAHHIL’ALI YIL’AZIM. Artinya : Datang daripada Allah dan
kembalinya kepada Allah jua segala sesuatu, sesuai dengan hadist Nabi
yang berbunyi demikian : “MUTU ANTAL KABLAL MAUTU”. Artinya : Matikan
diri kamu sebelum mati kamu.
Adapun mati ini ada dua ma’na, maka apa bila Roh bercerai dengan
jasad itu mati hisi namanya, atau mati yang sebenarnya. Adapun mati yang
dimaksud hadis Nabi yang di atas tadi, adalah mati Ma’nawi, artinya
mati dalam pengenalan mata hati.
Mahasuci Allah Subhanahu wata’ala Tuhan Rabbil’izzati dari upayamu,
wujudmu, supaya Aku terang sempurna, upaya Allah dan kuat Allah, dan
wujudnya Allah “BILLAHI LAYARILLAH” tiada yang mempunyai dan menyembah
Allah hanya Allah.
Bagitu sekalian Aribbillah mengerjakan ibadat kepada Allah Ta’ala. Adapun yang bernama Rahasia itu “Sirrullah”.
Adapun kita bertubuh akan Muhammad Bathin dan Zahir bertubuh akan
Roh. Adapun jadi nyawa itu bertubuh kanan Idhafi Kadim (terdahulu), maka
tiada lagi kita kenang tubuh dan zahir dan bathin itu, akan bernama
Rahasia Ia Allah, Sir namanya kepada kita, karena rahasia itu Nur.
Adapun sebenar-benarnya Sifatullahita’ala kepada kita inilah RahasiaNya
yang dibicarakan Rahasia yang sebenarnya RahasiaNya yang kita ketahui.
Adapun jalan hakikat yang sebenarnya yang mengata Allahu Akbar waktu
kita sembahyang itu, ialah Zat, Sifat, Asma, Af’al, Kudrat, Iradat,
Ilmu, Hayat, itu nama Rahasia Allah Ta’ala namanya kepada kita, itulah
yang mengata Allahu Akbar tiada hati lagi, karena yang bernama Zat,
Sifat, Asma, Af’al, Kudrat Iradat, Ilmu, Hayat itu nama Rahasia Allah
Ta’ala namanya kepada kita.
Batin dan zahir kita akan memerintah diri, adapun diri kita tadi
ialah Roh. Roh tadilah yang menerima perintah rahasia, maka berlakulah
berbagai-bagai bunyi dan kelakuan di dalam sembahyang. Semua itu adalah
perintah rahasia, maka perintah rahasia inilah Sirrullah. Karena Rahasia
inilah kita dapat melihat Allah dan menyembah Allah serta hidup
berbagai-bagai, itulah rahasia Allah kepada kita.
Firman Allah “MAN ‘ARA PANAPSAHU PAKAD’ARA PARABBAHU”
Artinya : Maka barang siapa mengenal dirinya, mengenal ia akan Tuhannya.
Artinya : Maka barang siapa mengenal dirinya, mengenal ia akan Tuhannya.
Maka mengetahui ia akan asal Nabi Allah Adam, nasarnya Air, Api,
Angin, Tanah. 4 (empat) inilah yang dijadikan Allah, maka turun kepada
kita seperti Firman Allah Ta’ala, kita disuruh mengetahui :
- Adapun tanah itu Tubuh kita
- Adapun Api itu Darah kita
- Adapun Air itu Air Liur kita
- Adapun Angin itu Nafas kita.
Maka berdiri syari’at, adapun kejadian air itu Tarikat, kejadian api
itu Hakikat, dan kejadian Angin itu Ma’rifat. Baginilah kita atau cara
kita mengenal diri namanya.
Adapun tatkala kita tidur itu, adalah perintah Rahasia Allah, maka
dari itu janganlah lagi kita kenang dan janganlah kita berkehendak atau
panjang angan-angan dan jangan lagi diingat diri kita ini, karena tiada
hayat lagi di waktu kita tidur itu, itu adalah Rahasia Allah.
Adapun perintah segala hati pada tengah-tengah hati berbagai bagai,
adapun tempat rahasia itu di dalam jantung. Maka jikalau tiada rahasia
Allah itu, tiadalah bathin dan zahir ini berkehendak, karena pada
hakekatnya rahasia Allah itulah menjadi kehendak segala manusia dan
binatang. Akan tetapi awas, jagalah hukum syara’ (syari’at) yang
difardhukan pada kita, maka dari tiliklah dan perhatikan
bersunguh-sungguh perkara yang tersebut di atas.
Maka barang siapa menilik sesuatu tiada melihat ia akan Allah di
dalamnya, maka tiliknya itu batil atau syirik, karena ia tiada melihat
akan Allah Ta’ala.
Berkata Saidina Abu Bakar Siddik r.a :
ﻮﻤﺎﺮﺍﻳﺖ ﺷﻳﺎﺀﺍﻶ ﻮﺮﺍﻳﺖﺍﷲ
Artinya : Tiada aku melihat akan sesuatu melainkan Allah yang aku lihat Allah Ta’ala terlebih dahulu.
ﻮﻤﺎﺮﺍﻳﺖ ﺷﻳﺎﺀﺍﻶ ﻮﺮﺍﻳﺖﺍﷲ
Artinya : Tiada aku melihat akan sesuatu melainkan Allah yang aku lihat Allah Ta’ala terlebih dahulu.
Kata Umar Ibnu Khattab r.a :
“MAA RAAITU SYAIAN ILLA WARAAITULLAHU MA’AHU”
Artinya : Tiada aku lihat sesuatu melainkan aku lihat Allah kemudiannya.
“MAA RAAITU SYAIAN ILLA WARAAITULLAHU MA’AHU”
Artinya : Tiada aku lihat sesuatu melainkan aku lihat Allah kemudiannya.
Kata Usman Ibnu Affan r.a :
ﻮﻤﺎﺮﺍﻴﺕ ﺘﺒﻳﺎ ﺍﻶ ﻮﺮﺍﻴﺕ ﺍﷲ ﻤﻌﻪ
Artinya : Tiada aku melihat sesuatu melainkan yang aku lihat Allah besertanya.
ﻮﻤﺎﺮﺍﻴﺕ ﺘﺒﻳﺎ ﺍﻶ ﻮﺮﺍﻴﺕ ﺍﷲ ﻤﻌﻪ
Artinya : Tiada aku melihat sesuatu melainkan yang aku lihat Allah besertanya.
Kata Ali Ibnu Abi Talib r.a :
ﻮﻤﺎﺮﺍﻴﺕ ﺷﻴﺎﺀﺍﻶ ﻮﺮﺍﻴﺕ ﺍﷲ ﻓﻴﻪ
Artinya : Tiada Ku lihat sesuatu kecuali Allah yang kulihat di dalamnya.
ﻮﻤﺎﺮﺍﻴﺕ ﺷﻴﺎﺀﺍﻶ ﻮﺮﺍﻴﺕ ﺍﷲ ﻓﻴﻪ
Artinya : Tiada Ku lihat sesuatu kecuali Allah yang kulihat di dalamnya.
Maka perkataan para sahabat itu agar berbeda, akan tetapi maknanya bersamaan.
Firman Allah di dalam Al-Quraan yang berbunyi :
“WAHUWA MAAKU AINAMA KUNTUM”
Artinya : Ada hak Tuhan kamu
“WAHUWA MAAKU AINAMA KUNTUM”
Artinya : Ada hak Tuhan kamu
Firman Allah Ta’ala :
“WAHI AMPUSIKUM APALA TUBSIRUN”
Artinya : Ada Tuhan kamu di dalam diri kamu, mengapa tidakkah kamu lihat akan Aku kata Allah, padalah Aku terlebih hampir dari padamu matamu yang putih dengan hitamnya, terlebih hampir lagi Aku dengan kamu.
“WAHI AMPUSIKUM APALA TUBSIRUN”
Artinya : Ada Tuhan kamu di dalam diri kamu, mengapa tidakkah kamu lihat akan Aku kata Allah, padalah Aku terlebih hampir dari padamu matamu yang putih dengan hitamnya, terlebih hampir lagi Aku dengan kamu.
Kemudian dari itu hendaklah kita ketahui benar-benar akan diri ini
mengapa kita ini menjadi hidup, melihat, mendengar, berkata-kata, kuasa
memilih baik dan jahat, cuba renungkan sejenak, siapakah yang berbuat di
balik kekuasaan kita ini. Maka di sini kita kembalikan saja kepada pasal rahasia yang telah
lalu, sebutannya pasti kita bertemu dengan Allah atau Mi’raj dengan Dia.
Maka barang siapa tiada mengetahui perkara ini, tiada sempurna
hidupnya dunia dan akhirat dan jikalau dia beramal apa saja semua
amalannya itu syirik, maka dari itu hendaklah kita ketahui benar-benar
apa asalnya yang menjadi nyawa dan roh itu.
Yang menjadi Nyawa dan Roh itu ialah ZADTULLAHITA’ALA daripada Ilmunya dan Roh sekalian alam.
Seperti sabda nabi kita “ANA ABUL BASYARI”
Artinya : Aku Bapak segala Roh dan Bapak segala Tubuh
Artinya : Aku Bapak segala Roh dan Bapak segala Tubuh
Bermula sebenarnya Roh, tatkala di dalam tubuh, Nyawa namanya,
tatkala ia berkehendak, Hati namanya, tatkala ia kuasa memperbuat, Akal
namanya, maka kesemuanya itu adalah Rahasia Allah Ta’ala kepada kita.
Maka barang siapa tiada tahu perjalanan ini, maka tiada sempurna
hidupnya dunia dan akhirat.
Hidup ada nyawa itulah Muhammad dinamai akan dia bayang-bayang Ianya
yang empunya bayang-bayang dan Idhofi, akan tetapi daripada Nur jua,
karena tiada diterima oleh akal kalau bayang-bayang itu maujud
sendirinya, kalau ada yang empunya bayang-bayang ialah Allah Ta’ala
sendirinya.
Demi Allah dan Rasulullah Islam dan Kafir, jikalau tiada tahu atau
tiada percaya akan kejadian Nur itu perjalanan Roh, maka menjadi kafir
lagi munafik. Karena apabila tiada tahu mengenal diri dan tiada
tahu/tiada dapat membedakan antara Khalik dan Makhluk, maka amalan orang
tersebut itu Syirik.
Peganglah nasihat seorang Al Arifbillah yang berbunyi demikian :
“LATUHADDISUN NAASIBIMA LAMTUSLIHU AKWALAHUM ATURIDDUN AYYUKAZ ZIBULLAHAWARASULIH”
Artinya : Jangan kamu ajarkan akan manusia, akan ilmu yang tiada sampai akal mereka itu, adalah kamu itu nanti didustakannya oleh mereka itu Allah dan Rasulnya, maka orang itu kafir.
“LATUHADDISUN NAASIBIMA LAMTUSLIHU AKWALAHUM ATURIDDUN AYYUKAZ ZIBULLAHAWARASULIH”
Artinya : Jangan kamu ajarkan akan manusia, akan ilmu yang tiada sampai akal mereka itu, adalah kamu itu nanti didustakannya oleh mereka itu Allah dan Rasulnya, maka orang itu kafir.
0 Komentar