ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻭَﺳـﻠُّﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻼَﺓً ﺗُﺨْﺮﺟْﻨِﻲ ﻣِﻦْ ﻇُﻠُﻤَﺎﺕِ ﺍْﻟﻮَﻫْﻢِ ﻭَﺗُﻜْﺮِﻣْﻨِﻲ ﺑِﻨُﻮْﺭِﺍْﻟﻔَﻬْﻢِ ﻭَﺗُﻮَﺿِّﺢُ ﻟِﻲْ ﻣَﺎ ﺍَﺷْﻜَﺎﻝَ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻔْﻬَﻢُ ﺍِﻧَّﻚَ ﺍَﻧْﺖَ ﺗَﻌْﻠَﻢ ُ ﻭَﻻَ ﺍَﻋْﻠَﻢْ ﺍِﻧَّﻚَ ﺍَﻧْﺖَ ﻋَﻼَّﻡُ ﺍْﻟﻐُﻴُﻮْﺏِ.

"Allahumma sholli wasallim 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tukhrijunii bihaa min zhulumaatil wahmi, watukrimunii binuuril fahmi, watuwadhdhihu lii maa asykala hattaa yufhama innaka ta'lamu walaa a'lamu waanta 'allaamul ghuyuubi".

Artinya : “Ya Allah! Berikanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw. Rahmat yang dapat mengeluarkan kami dari kegelapan rasa sumpek dan gelisah, muliakanlah hambamu ini Ya Allah! Dengan cahaya kepahaman, dan perjelasalah kepadaku sesuatu yang sulit aku pahami (musykil) sehingga dapat dipahami, wahai! Dzat yang mengetahui sesuatu apa yang tidak saya aku ketahui, sesungguhnya Engkau maha mengetahui sesuatu yang gaib .

Fadhilah dan manfaatnya Sholawat ini : Barang siapa yang mengamalkan sholawat ini setiap hari, menurut kadar kemampuannya Insya Allah akan diterangkan hati dan fikiranya dalam memahami segala macam pelajaran dan ilmunya Allah AWT.