↓
2. JIBRIL AS
↓
3. Kanjeng Nabi Muhammad S.A.W.
↓ ↓
4. Ali bin Abi Thalib 4. Abu Bakar Al-Sidiq
↓ ↓
5. Husain bin Ali 5. Salman al-Farisi
↓ ↓
6. Zainal Abidin 6. Qasim ibn Mhmd bin Abu Bakar
↓ ↓
7. M. Al-Baqir 7. Imam Ja’far al-Shadiq
↓ ↓
8. Ja’far al-Sadiq 8. Abu Yazid al-Bustami
↓ ↓
9. Musa al-Kadhim 9. Abu Hasan Kharqani
↓ ↓
10. Ali ibn Musa al-Ridla 10. Abu Ali Farmadi
↓ ↓
11. Ma’ruf al-Karakhi 11. Syekh Yusuf al-Hamdani
↓ ↓
12. Sirri al-Saqati 12. Abd. Khaliq Guzdawani
↓ ↓
13. Abu Qasim Junaidi al-Bagdadi 13. Arif Riya Qari
↓ ↓
14. Abu Bakar al-Syibli 14. Muhammad Anjiri
↓ ↓
15. Abd. Wahid al-Tamimi 15. Ali Rami Tamimi
↓ ↓
16. Abu al-Faraj al-Turtusi 16. M. Baba Sammasi
↓ ↓
17. Abd. Hasan Ali al-Karakhi 17. Amir Kulali
↓ ↓
18. Abu Sa’id Mubarak al-Majzumi 18. Bah’uddin al-Naqsyabandi
↓ ↓
19. Abd. Qadir al-Jailani 19. M.Alauddin Attari
↓ ↓
20. Abd. Aziz 20.Ya’qub Jarekhi
↓ ↓
21. M. Hattaq 21. Ubaidillah Ahrari
↓ ↓
↓ ↓
22. Syamsuddin 22. M. Zahidi
↓ ↓ 23. Syarifuddin 23. Darwisi Muhammad Baqi’ Billah
↓ ↓
24. Nuruddin 24. A. Faruqi al-Shirhindi
↓ ↓
25. Waliyuddin 25. Al-Maksum al-Shirhindi
↓ ↓
26. Hisyamuddin 26. Saifuddin Afif Muhammad
↓ ↓
27. Yahya 27. Nur Muhammad Badawi
↓ ↓
28. Abu Bakar 28. Syamsuddin Habibullah Janjani
↓ ↓
29. Abd. Rahim 29. Abdullah al-Dahlawi
↓ ↓
30. Usman 30. Abu Sa’id al-Ahmadi
↓ ↓
31. Abd.Fattah 31. Ahmad Sa’id ( w. 1277 / 1860 di Madinah )
↓ ↓
32. M. Murad (Makkah) 32. M. Jan al-Makki ( w. 1266 / 1850 di Madinah)
↓ ↓
33. Syamsuddin (Makkah) 33. Khalil Hilmi
↓ ↓ 34. A. Khatib al-Syambasi (w. 1307 34. M.Haqqi al-Nazizi (w. 1301/1884
/1878 di Makkah) di Madinah)
↓
34. Syekh Ahmad Khatib al Sambas (Pendiri TQN)
↓ ↓ ↓
I II III
1. Syekh Abdul Karim Banten 1. Syekh Tolhah Cirebon 1. Syeh A Hasan al Maduri
2. KH Ibrahim al Brumbangi 2. Syekh Abdh Mubarok 2. KH M Khalil
3. KH Abd Rahman Menur 3. Syekh A.Tajul Arifin 3. KH M Ramli Tamim
4. KH M Lutfi Hakim 4. KH Musta’in Ramli
4. KH Zamroji Paree 4. KH Maksum Jafar
4. KH Adlan Ali 4. KH Usman al Ishaqi
4. KH Makky Ma’shum 5. KH Rifa’i Ramli
5.KH M Asrori Usman
6. KH A Dimyati Raml
1. Syekh Abdul Karim Banten 1. Syekh Tolhah Cirebon 1. Syeh A Hasan al Maduri
2. KH Ibrahim al Brumbangi 2. Syekh Abdh Mubarok 2. KH M Khalil
3. KH Abd Rahman Menur 3. Syekh A.Tajul Arifin 3. KH M Ramli Tamim
4. KH M Lutfi Hakim 4. KH Musta’in Ramli
4. KH Zamroji Paree 4. KH Maksum Jafar
4. KH Adlan Ali 4. KH Usman al Ishaqi
4. KH Makky Ma’shum 5. KH Rifa’i Ramli
5.KH M Asrori Usman
6. KH A Dimyati Raml
Khalifah Syeh Ahmad Khotib Syambas Yang Lain
IV. Syeh M Ismail Bali
V. Syeh Yasin Kalbar
VI. Syeh H Lampung (Lampung)
VII. Syeh M Ma’ruf (Palembang)
VIII. Nuruddin (Sambas)
IX. Syekh M Sa’d (Sambas)
Keterangan : Pada masa shahabat orang yang diberi ilmu batin oleh Rasulullah SAW disebut golongan asroriyah .
1. Untuk Tarekat Naqsyabandiyah .
Setelah Abu Bakar ra (4) wafat oreang yang mengamalkan ajarannya disebut dengan golongan Shiddiqiyah. Hal ini berlangsung sampai masa Abu Yazid al Bustomi (8) setelah Abu Yazid wafat samapai Abdul Khaliq (12) disebut golongan Taefuriyah setelah Abdul Kaliq wafat sampai Bahauddin Naqsyabandi(18) disebut golongan Hawa jakiyah, setelah Bahauddin wafat sampai Ubaidillah Ahrori (21) disebut golongan Naqsyabandiyah, setelah Ubaidillah Ahrari wafat sampai A. Faruqi al Shirhindi (24) disebut golongan Naqsyabandiyah Ahrariyah, setelah A.F.Shirhindi wafat (al Mujaddid alf sani) sampai dengan Muh Haqqi al Nazizi (34) disebut Naqsyabandiyah Mujaddidiyah
2. Untuk Tarekat Qodiriyah .
Setelah Ali bin Abi Talib (4) wafat golongan yang mengamalkan tarikatnya disebut golongan Alawiyah, Hal ini berlangsung sampai Abu Qosim Junaidi (13), stelah Abu Qosim wafat sampai Abdul Qodir Jaelani (19) tradisi ini disebut Junaidiyah atau Bagdadiyah, Setelah Syekh Abdul Qodir Jaelani wafat sampai Syekh Hotib Sambas (34) disebut tarekat Qodiriyah, dan setelah Syekh Hatib wafat tarekat yang dipegangi murid-muridnya disebut Tarekat Qodiriyan wa Naqsyabandiyah. Selain membahas tentang ajaran-ajaran yang ada, secara khusus teori-teori filsafat yang dijadikan landasan pemikiran dalam penerapan ajaran-ajaran tentang dzikir dan muroqobah.
- Sumber : Abu Bakar Bin Ahmad Mansor (S.Kom.I.,C.St., CH., CHt., NNLP)
CATATAN :
Syekh AKhmad Khatib Syambas ibn Abdul Ghaffar dalam Kitab Fathul Arifin hanya mencantumkan dari Silsilah Thariqat Qodiriyah (Buku:PERAN EDUKASI TQN DENGAN REFERENSI UTAMA SURYALAYA OLEH.DR.HJ.SRIMULYATI,M.A. TERBITAN : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP)
Syekh AKhmad Khatib Syambas ibn Abdul Ghaffar dalam Kitab Fathul Arifin hanya mencantumkan dari Silsilah Thariqat Qodiriyah (Buku:PERAN EDUKASI TQN DENGAN REFERENSI UTAMA SURYALAYA OLEH.DR.HJ.SRIMULYATI,M.A. TERBITAN : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP)
Mohon maaf jika ada kekeliruan dan mohon koreksinya. Jika ada kekeliruan atau informasi lain yang perlu ditambahkan silakan isi kotak komentar di bawah ini.
Terimakasih.
0 Komentar